Kapan Mengunjungi Dokter Kulit

Dermatologi adalah cabang ilmu kedokteran yang bertanggung jawab untuk perawatan dan perawatan kulit, rambut, dan kuku. Dokter kulit praktik umum adalah dokter berlisensi medis yang terlatih untuk mengobati penyakit kulit, rambut, dan kuku, serta kanker kulit. Banyak dokter kulit juga memiliki pelatihan tambahan, seperti pelatihan bedah Mohs untuk pengobatan kanker kulit.

Diperkirakan satu dari lima orang Amerika akan mengembangkan beberapa jenis kanker kulit di beberapa titik dalam hidup mereka. Untungnya, angka kesembuhan setinggi 99% untuk sebagian besar kanker kulit jika ditemukan dan diobati lebih awal. Ketika kanker, seperti melanoma, tidak terdeteksi dan diobati lebih awal, kanker itu dapat berpindah ke kelenjar getah bening dan organ tubuh lainnya dan berpotensi fatal. Itulah mengapa penting untuk merawat kulit Anda dengan serius dan mengunjungi dokter kulit secara teratur jika Anda berisiko tinggi terkena kanker kulit Dokter spesialis kulit.

Apakah saya perlu mengunjungi dokter kulit?
Jika Anda belum pernah diperiksa, pertimbangkan untuk mengunjungi dokter kulit untuk penilaian awal. Frekuensi kunjungan di masa depan tergantung pada faktor-faktor risiko seperti usia, kerusakan akibat sinar matahari, dan kanker kulit sebelumnya. Orang yang berisiko tinggi untuk kanker kulit harus mempertimbangkan mengunjungi dokter kulit setidaknya sekali setahun dan lebih sering jika ada perubahan pada kulit yang diamati.

Siapa yang dianggap berisiko tinggi terkena kanker kulit?
Siapa pun yang telah terpapar sinar matahari secara berlebihan (terbakar matahari) khususnya pada masa kanak-kanak memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kulit. Orang dengan kulit putih, rambut berwarna terang (pirang atau merah), mata biru atau hijau, atau riwayat keluarga dengan kanker kulit juga dianggap berisiko lebih tinggi daripada yang lain. Paparan salon penyamakan yang berlebihan atau paparan radiasi, penekanan kekebalan tubuh atau transplantasi organ, dan bahan kimia tertentu juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kulit.

Saya cocok dengan satu atau beberapa faktor risiko tinggi, sekarang apa?
Penting untuk menjadwalkan kunjungan dengan dokter kulit untuk mendapatkan garis dasar kesehatan kulit Anda dan membiarkan dokter kulit mengevaluasi setiap tahi lalat, bintik-bintik, lesi, atau pertumbuhan kulit. Pertumbuhan atau flek kulit baru bisa menjadi indikasi kanker kulit. Penting juga untuk dicatat bahwa tahi lalat dan bintik-bintik yang Anda miliki untuk waktu yang lama kadang-kadang dapat mengubah dan mengembangkan sel kanker. Dengan demikian, penting untuk mengizinkan seorang ahli memberi Anda pemeriksaan kulit seluruh tubuh untuk menentukan apakah Anda memiliki area yang dipertanyakan atau mengenai hal-hal yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kulit Anda juga dapat memberikan saran untuk pemeriksaan diri di antara ujian dokter. Pemeriksaan diri membuat Anda menjadi penasihat Anda sendiri untuk deteksi dini dan membantu Anda memberi tahu dokter kulit Anda tentang segala perubahan yang mungkin memiliki potensi sel kanker.

Apa yang saya cari selama pemeriksaan diri?
Setiap orang harus melakukan pemeriksaan diri secara teratur pada kulit mereka untuk tanda-tanda perubahan, bahkan jika Anda tidak memiliki salah satu faktor risiko tinggi. Hafalkan tempat Anda, dan periksa diri Anda sebulan sekali. Jika Anda mencoba memeriksa sendiri setiap hari, sulit untuk melihat perubahan dan Anda akan membuat diri Anda gila! Tanda yang harus dicari adalah area kasar atau bersisik, terutama area bersisik datar yang berwarna merah atau coklat; setiap tahi lalat atau tempat yang ada yang tumbuh atau berubah; lesi yang berdarah, berkerak, atau nyeri dan tidak sembuh setelah dua minggu atau sembuh dan kembali; pertumbuhan yang keras datar atau cekung; benjolan berbentuk mutiara; dan pertumbuhan mencurigakan baru. Jika Anda mengamati salah satu dari kondisi ini, Anda harus segera mengunjungi dokter kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.